Memaknai Hikmah 1 Muharram Bersama Santri SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School

Senin, 10 September 2018 seluruh Civitas akademika dan santri SMPIT Thariq Bin Ziyad mengisi kegiatan menyambut 1 Muharram dengan berbagai aneka lomba – lomba islami diataranya MHQ, Dai Cilik, Puisi Islami, Arabic lomba, dan lain-lain. Acara Gebyar Muharram 1440 H dengan bertajuk tema “Hijrah Langkah Awal Kebangkitan Umat”. Gebyar Muharram juga diadakan kegiatan berbagi santunan untuk anak yatim dan kaum Dhuafa.

Dalam menyambut gebyar Muharram ini sekolah bekerjasama dengan seluruh orangtua santri dalam bentuk paket santunan sukarela, maka telah terkumpul sekitar 24 juta rupiah. Paket santunan yang terkumpul kemudian akan disalurkan kepada anak yatim dan kaum Dhuafa.

Kegiatan ini juga digelar dalam bentuk panggung Gebyar Muharram yang di gelar di area lapangan kampus pembaharuan SMPIT Thariq Bin Ziyad.

Acara panggung diawali dengan penampilan Hadroh oleh santri-santri Boarding School dan beberapa rangkaian acara lainnya, kemudian dilanjutkan dengan Tauzih Muharram bersama Al Ustadz KH. Adih Amin, Lc. MA yang dalam tauziyahnya menyampaikan tentang memaknai hijrah 1 Muharram dengan mengambil 3 pelajaran penting, diantaranya:

1. Yakin dijalan Allah.

Barang siapa yakin yg berhijrah / berjalan di jalan Allah SWT maka akan diganti dengan yg lebih baik.

Sebagaimana kisah Abdurrahman Bin Auf yang harus rela meninggalkan harta benda nya di Mekkah demi mengikuti ajaran Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah untuk berdakwah islam.

2. Mujahadah.

Selalu berusaha dengan sungguh untuk meraih keinginan demi tujuan yang akan dicapai.

3. Kebersamaan

Pentingnga kebersamaan dalam kehiduoan umat. Jika saja Rosul tidak menanamkan ukhuwah Islamiyah pada saat berhijrah maka pasti perkembangan islam akan lama berkembang menjadi agama yang besar.

Beberapa negara yg pernah dihijrahi Rosululloh SAW menjadi negara yg berkah dan makmur diantaranya Madinah, Palestina, Yordania, dan lain sebagainya.

Bagi santri perlu dibangun kebersamaan dalam berinteraksi dimanapun berada.

Harapan yang dapat kita capai yaitu semoga kita dapat meraih kejayaan dimasa yang akan datang dan kelak umat islam bisa memimpin dunia. Tentunya dengan Al Qur’an.

Jangan kalian sia-siakan kesempatan yg ada di SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School untuk dimanfaatkan, karena program Al Qur’an dan Bahasa Arab merupakan program unggulan yang sedang kita cita-citakan untuk menjadikan kita sukses dunia dan akhirat serta menjadi generasi yang sholeh dan cerdas sesuai dengan program yang digaungkan oleh LPIT Thariq Bin Ziyad yaitu program A3B.

Sebagai penutup acara sebanyak 100 paket telah disalurkan kepada para undangan yaitu beberapa santri pondok pesantren yatim dan Dhuafa.

Acara di tutup dengan pembacaan puisi dan do’a oleh Ust. Taufiqurrahman, Lc. MA.

Kemudian akan gebyar Muharram akan berlanjut dimalam hari yaitu kegiatan pawai obor keliling oleh seluruh santri ke lingkungan wilayah SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School.

Semoga kegiatan gebyar Muharram ini dapat menjadikan kita semua menjadi hamba yang selalu bersyukur dan menjadi pribadi yang dermawan untuk senantiasa berbagi kepada sesama. Aamiin