Belajar Tahfidz 2 Bulan, 33 Santri SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School Ikut Sertifikasi Quran

Alhamdulillah 33 santri SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School pada jumat tanggal 31 Agustus 2018 kemarin telah melakukan sertifikasi al qur’an. Kegiatan yang dilakukan rutin ini, melibatkan santri kelas VII, VIII dan IX.

Sertifikasi quran dilaksanakan tepat setelah mereka mengikuti kegiatan belajar mengajar selama 2 bulan di SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School pada Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penanggung Jawab Program Al Quran di SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School, yakni Ustadz Parhan Yuliana, Lc. saat dikonfirmasi berkata: “Di sekolah kita memang rutin mengadakan sertifikasi, setiap semester kita mengadakan 2 kali sertifikasi, jadi dalam satu tahun ada 4 kali sertifikasi, hal ini dilaksanakan sebagai tolok ukur dan juga sebagai evaluasi program quran di SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School.”

perlu diketahui bahwa sertifikasi ini dilakukan dengan cara menguji kemapuan santri dalam hafalan quran, baik dari segi bacaannya maupun makhrajul hurufnya.

Sedangkan saat ditanyakan berapa jumlah peserta yang mengikuti sertifikasi tahap 1 ini, beliau menjawab “Alhamdulillah jumlah peserta sertifikasi Tahap 1 ini berjumlah 33 peserta, dengan masing – masing peserta ada yang sertifikasi Juz 30 sebanyak 21 orang, juz 23, 25, 26, 27, 28 masing-masing 1 orang, kemudian juz 2, 3, 4, 24 masing-masing 2 orang jadi total 33 orang peserta.”

Sertifikasi tahap 1 ini dilakukan dengan mendatangkan penguji langsung dari LPIT Thariq Bin Ziyad yang berjumlah 3 penguji yakni; Ustadz Makmun Salman, Lc,. MPdI, Ustadz Roni El Ikrom, Lc dan Ustadz Munawwar, Lc  dan dari SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School sendiri berjumlah 3 penguji yakni; Ustadz Parhan Yuliana, Lc, Ustadz H Taufiqurrahman, Lc,. MA dan Ustadz Mustofa Al Mujahidin Al Hafidz.

Dalam sertifikasi, ada yang menarik yaitu dengan adanya santri  yang bernama Muhammad Nizam Al Zahrawi santri kelas VIII. yang melakukan sertifikasi langsung 2 juz Al Quran dan kedua-duanya lulus dengan nilai yang baik.

Kegiatan yang rutin dilakukan ini semoga dapat menjadi kegiatan yang melahirkan hafiz-hafiz baru dari SMPIT Thariq Bin Ziyad Boardi School. Amiiinn.. (aw)