Friday, 29 Mar 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Berqurban, Sarana Belajar Santri dalam Bermasyarakat

Allahu Akbar…. Allahu Akbar… Allahu Akbar Walillah ilham….
Dihari kedua hari raya Idul Adha 1443 H tepatnya tanggal 11 Dzulhijjah atau 11 Juli 2022, Thariq bin Ziyad Boarding school melaksanakan pemotongan hewan qurban.

Pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB ini sangat antusias diikuti oleh seluruh Santri, Baik Santri tingkat SMP maupun tingkat SMA di Thariq Bin Ziyad Boarding School. Kegiatan yang memang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, selain sebagai wadah untuk saling berbagi antar sesama, juga sebagai media pembelajaran bagi para santri bagaimana cara memotong hewan qurban secara syariah dan interaksi sosial kepanitiaan yang sangat bermanfaat untuk santri saat terjun ke masyarakat nanti.

Pembagian kerja kepanitiaan berjalan dengan baik, ada santri yang bertugas di bagian pemotongan, pengulitan, pencacahan hingga pada bagian penimbangan dan distribusi. Semua dirasakan oleh para santri. Salah satu yang menarik bagi para santri adalah pengalaman mereka bagaimana cara menguliti hewan qurban dengan baik dan benar, walaupun pada prakteknya saat pengulitan hewan qurban ada yang kulit yang tersayat dan berlubang namun Ini adalah sebuah pengalaman yang sangat bermanfaat bagi santri saat terjun ke masyarakat nantinya.

Ustadz Labib Mudhofar S.H.I sebagai ketua panitia qurban tahun ini mengatakan untuk tahun ini jumlah hewan qurban yang disembelih terdiri dari 1 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Semua hewan qurban merupakan qurban dari para orang tua santri SMPIT maupun SMAIT Thariq Bin Ziyad Boarding School.

Semua daging hewan qurban telah diistribusikan di sekitar warga di lingkungan Thariq BIn Ziyad Boatding School. Semoga Hewan Qurban ini menjadi amalan baik yang akan Allah SWT balas dengan kebaikan yang berlipat. Aamiinn (pakade)

KELUAR