Saturday, 15 Jun 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Yeaay ! Belajar Bahasa Arab Menyenangkan Di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor

Bahasa Arab saat ini sudah menjadi bahasa yang populer. Sekitar 300 juta orang setiap harinya menggunakan bahasa arab dalam percakapan sehari-hari. Data PBB menunjukkan ada 25 negara yang menggunakan bahasa arab sebagai bahasa resmi. Selain itu ada enam negara berdaulat yang menjadikan bahasa arab sebagai bahasa nasional. oleh karenanya, bahasa Arab saat ini dikenal sebagai bahasa kelima yang paling banyak digunakan secara global setelah Mandarin, Spanyol, Inggris dan Hindi.

Bagi umat muslim, belajar bahasa arab merupakan kewajiban karena dengan belajar bahasa arab banyak manfaat yang didapatkan antara lain :

  1. Lebih mudah untuk menghafal dan memahami Al-qur’an
  2. Lebih mudah memahami dan menghafalkan hadist dan do’a-do’a sehingga lebih menjiwai
  3. Mudah memahami ilmu agama karena banyak kaidah agama dibangun diatas ilmu nahwu dan bahasa arab
  4. Mudah khusyu’ ketika sholat dan membaca al-qur’an

Al Mukhayyam Al Arabiy (Arabic Camp)

Berdasarkan keutamaan dan keunggulan dari bahasa arab tersebut, Thariq Bin Ziyad Boarding School sebagai salah satu sekolah berbasis pondok pesantren, fokus untuk membina santri-santrinya agar memiliki kompetensi berbahasa Arab.

Salah satu program untuk meningkatkan kompetensi bahasa arab bagi santrinya yaitu belajar bahasa Arab ke PUSDIKLAT Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Tempat ini dipilih sebagai lokasi pembelajaran karena gontor sudah sejak lama dikenal sebagai lembaga pendidikan yang fokus pada peningkatan bahasa Arab dan inggris. Selain itu, lingkungan di gontor juga sangat mendukung dalam pembelajaran bahasa.

Arabic Camp adalah salah satu program SMPIT TBZ Boarding School untuk meningkatkan skill bahasa arab santri agar baik dan sempurna. Program ini sudah berlangsung dua kali yaitu tahun 2019 dan 2022. Pada tahun ini, Arabic Camp berlangsung dari tanggal 31 Januari-7 Maret 2022 dan dibagi menjadi tiga gelombang yang masing-masingnya mendapatkan kesempatan belajar selama 10 hari di UNIDA Gontor.

Baca Juga : Belajar Bahasa Inggris & Adab Safar di English Outing Program (EOP)

Selama pembelajaran, santri diberikan pendidikan dan pembinaan bahasa Arab serta kepemimpinan dan kemandirian. Berikut adalah kegiatan yang mereka dapatkan selama di UNIDA Gontor :

  1. Durusul Lughah
  2. Maharatul Kalam wal istima (Speaking and Listening)
  3. Imla
  4. Nahwu Saraf (Grammar)
  5. Tilawah Qur’an
  6. Mufradat dan Muhadatsah
  7. Eskur Nasyid, Drama, MC, dll

Kegiatan keseharian mereka menggunakan bahasa Arab sejak bangun tidur hingga tidur kembali. Dengan kebiasaan ini diharapkan dapat membentuk suasana berbahasa arab dengan baik. ” Man Jadda Wajada, ketika para santri bersungguh-sungguh untuk belajar. walaupun mereka jauh dari orangtua, makanan sederhana, tidur cukup, dan belajar sampai malam insya Allah akan berhasil,” ujar Ust Teuku Zuhdi (PJ Bahasa Arab Thariq Boarding).

Mudah-mudahan program yang dilaksanakan SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School ini menjadi salah satu bentuk perjuangan dalam membentuk generasi yang soleh dan cerdas sehingga menjadi generasi yang unggul di masa depan. (tzz/fr)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR